Skip to main content

Review : A Dog's Purpose

A Dog's Purpose
Lasse Hallstrom
Amblin Entertaiment, A Walden Media  
Staring : Josh Gad, Dennis Quaid, Bryce Gheiser, Brit Robertson, Peggy Lipton


Jika seekor anjing punya tujuan hidup kenapa manusia justru malah tidak punya tujuan hidup...


Itulah kalimat yang muncul setelah saya menonton film A Dogs Purpose, sebuah film tentang kesetian binatang anjing dengan tuannya, filmnya sendiri dibagi menjadi 4 bagian yang saling menyatu . Sutradara Lasse Hallstrom ( A Hachiko Dogs Story ) membuat film ini dari sudut pandang yang berbeda , dimana aktor utama ada anjing Retriver bernama Bailey (voice over  Josh Gad ) hidup bersama Ethan (Bryce Gheiser) dari sejak kecil hingga Ethan beranjak dewasa, padahal kondisi keluarga Ethan kurang bahagia lantaran si ayah sering mabuk-mabukan atas kekecewaan promosi jabatan yang tak pernah kunjung tiba , mereka selalu bertengkar. Saat itulah Ethan dan Bailey bersam-sama hingga pertemuan dengan Hannah (Britt Robertson) disebuah acara hiburan,menjadikan kisah roman remaja , si  Bailey merasakan bahagia atas kehadiran mereka berdua hingga suatu saat Ethan mendapatkan musibah kebakaran yang mengakibatkan kakinya cidera . Merasa tidak mampu lagi Ethan memutuskan Hannah begitu saja hingga suatu saat Bailey mati.


Bagian kedua, Bailey menjadi seekor anjing pelacak kepolisian setempat ,tapi bukan Bailey namun Tito bukan anjing jantan tapi anjing betina, tiap hari dia hanya latihan mengendus,mencari aroma penjahat. Carlos ( John Ortiz )K-9 sebutan pasukan polisi anjing pelacak,  sang pemilik ini merasa kesepian setelah seharian bekerja , Ellie ingin mengajak becanda namun Carlos menganggap anjing biasa saja, Tito anjing yang pintar ketika menyelematkan gadis akibat penculikan namun Ellie mengalami tembakan nyasar ketika mencoba menyelematkan Carlos.

Bagian ketiga Tito menjelma menjadi anjing kecil Ellie diadopsi oleh Maya ( Kirby H. Baptise )  yang sehari-harinya study di sebuah universitas, Maya sangat rajin belajar tapi melupakan hubungan dengan lawan jenis, inilah tugas Ellie mencari pasangan buat Maya , saat di sebuah taman Ellie melihat anjing lain  , dia sangat tertarik membuat tak sengaja bertemu Al ( Pooh Hall )  , pemuda satu kuliah dan akhirnya mereka menikah dan mempunyai anak-anak yang lucu, dan suatu saat Ellie mati .



Bagian keempat dimana Ellie berubah wujud menjadi Buddy anjing yang di adopsi oleh pecandu narkoba tapi tidak pernah diajak jalan-jalan hanya ditaruh di luar rumah dan pada suatu saat Buddy dibuang ke tempat yang sangat jauh. Buddy merasa ada yang menganggu indra penciuman menuju sebuah daerah dimana dia pernah berada . Aroma yang pernah dia rasakan saat menjadi Bailey , aroma khas yang tak pernah dia lupakan , tapi Buddy mencari lokasi dimana Bailey pernah beraada . Pandangan  Buddy tak pernah salah melihat Ethan ( Dennis Quaid ) sudah berumur, dia meyakinkan dirinya Bailey anjing kesayangan bukan Buddy. bahkan ada twist dimana pertemuan Ethan dengan Hannah (Peggy Lipton ) kembali lagi.

Sebuah perjalanan yang cukup menarik , memang tidak semelow Hachiko tapi film ini memberikan cerita dimana akhir perjalanan seekor anjing dari tahun ke tahun hingga kembali pada tuanya, dan menyisahkan kisah romantis yang pernah ada dalam kehidupan kita, film inipun banyak diselingi kelucuan si Bailey tak terasa durasi 1 Jam 40 menit mengalir tanpa banyak hal yang terbuang begitu saja. A Dogs Purpose sempat di kecam karena video BTS Abuse Dog namun semuanya itu tidak benar , tak heran A Dogs Purpose laris di Amerika sendiri. Tidak hanya pecinta binatang anjing saja yang boleh menonton tapi semua anda yang sangat mencintai binatang kesayangan akan merasakan hal yang sama dan makin cinta ..

A Dogs Purpose tayang tanggal 3 Februari 2017 hanya di Jaringan CGV, CinemaxxTheater dan PlatinumCineplex.

Overall : 4/5 




Comments

Popular posts from this blog

REVIEW : DARK WATERS

DARK WATERS Directed : Todd Haynes Production : Participant & Focus Features Runtime : 126 Minutes  Sebagai seorang pengacara Rob Billot (Mark Ruffalo) melihat kematian binatang di Distrik Virgina Barat secara tidak wajar yang berhubungan dengan perusahaaan besar dekat dengan lahan pertanian tersebu, melihat ada sesuatu yang salah dengan DuPont perusahaan kooperasi besar justru melakukan pencemaran dan pelangaran lingkungan setempat membuat salah satu petani merasakan ada yang aneh dengan sapi setelah mimun air dari sungai dekat rumahnya, dia ingin sekali melaporkan kasus ini ke pemerintah daerah, sebagai seorang pengacara yang sempat membela DuPont justru saat ini dia ingin menjatuhkan Dupont atas kasus tersebut, gak mudah dengan bukti-bukti otentik serta harus berhasil meyakinkan masyarakat bahwa produksi Teflon tersebut mengandung bahan berbahaya senyawa kimia C8 yang mengakibatkan bermacam-macam penyakit ganas. Sejak tahun 1999 hingga tahun 2013 usaha tersebut

REVIEW : HOMESTAY ( THAILAND MOVIE 2019 )

HOMESTAY (Thailand Movie 2019 ) Directed :Parkpoom Wongpoom Starring : Teeradon Supapunpinyo, Cherprang Areekul, Suquan Bulakul Production : GDH  Runtime : 131 Minutes Mengadaptasi dari novel dan diadaptasi pada anime jepang tahun 2010 berjudul "Colorful" karya Eto Mori, dengan cerita yang sangat menarik bahkan mendapatkan pujian para kritikus begitu mengena hati penonton, nah tahun 2019 salah satu sutradara Thailand - Parkpoom Wongpoom (Shutter, Alone, Bad Genius )  mencoba mengarap dalam live action berjudul " Homestay " ber genre drama romantis plus bumbu sedikit horor dengan tetap pada koridor anak remaja. Film ini dirilis Tahun 2018 bulan Oktober menduduki Box Office urutan pertama dengan penghasilan 37.49 Juta Baht (= -+ Rp 1.677.655.944.48,-) diawal minggu pertama tak heran jika di Thailand mendapatkan sambutan sangat luar biasa, dan kesempatan ini diambil oleh pihak distributor di Indonesia untuk tayang di jaringan CGV,Cinemaxx Theater. Dal

Review Take Me Home

Take Me Home  Genre Suspense/ Horror Released Date 11 Mei 2016 Distributor  / Sales Representative : M Pictures Co., Ltd Casting :  Mario Maurer / Wannarot Sonthichai / Peter Noppachai / Producer ; Kanyarat Jiraratchakit Director : Kongkiat Khomsiri Negeri  Gajah Putih ini selalu bisa memberikan tontonan Horor yang tidak mudah ditebak oleh penonton, masih dengan gaya yang khas sinematography mereka. Film ini masih bisa dibilang membuat jantungan yang menontonnya, dari segi kostum , dekorasi bahkan lokasi yang dijadikan punya sangat tepat . Apalagi kehadiran wajah tampan Mario Maurer masih menjadikan film thailand di nanti-nanti oleh pengemarnya. Tan ( Mario Maurer ) , koma setelah kecelakan yang menimpanya sejak 10 tahun yang lalu, saat ini dia berada di sebuah Rumah Sakit dan bekerja disana. Namun kerinduan asal usulnya membuat dia mencari keberadaan keluarganya. Setelah mengetahuinya  Tan mendatangi rumah yang tertera difoto yang dia temukan di bangsal Rumah Sak