Skip to main content

Review Black Mass

Black Mass 
Sutradara : Scott Copper 
Penulis Naskah :
Pemain : Johnny Depp, Benedict Cumberbatch,Kevin bacon, Joel Elgerton, Corey Stoll 


Saya pikir  Johnny Depp (dia) pasti tidak jauh berperan seperti di seri POTC & Lone Ranger, akting yang kocak membuat kita selalu tertawa, serius apapun filmnya pasti kita berpikir, dia pasti ya seperti itu - Namun hal itu tidak berlaku ,  ketika saya nonton film Black Mass -  acting Johnny Depp, sangat berbeda sekali,  justru saya teringat film Public Enemies - dia berperan sebagai gangster dan sekarang dia buktikan sekali lagi. Disini mukanya mirip sekali dengan aktor Jack Nicholson.


Berkisah tentang salah satu penjahat dalam sejarah Amerika , dia adalah mafia keturunan Irlandia di tahun 1975-1985 menguasai sebagian wilayah Boston Selatan atau dikenal Southie, Whitey Bulger ( Johnny Depp ) sebagai kepala Winter Hill Gang, dia merupakan adik dari Senator Boston, William "Billy" Bulger ( Benedict Cumberbatch ) , buat Billy sebagai senator tak ada hubungannya, hanya sebatas saudara saja. Namun pihak FBI tidak percaya begitu saja karena sepak terjangnya Bulger sudah diketahui lama oleh mereka. Agen FBI John Connoly ( Joel Elgerton )  mempunyai rencana untuk menangkap penjahat lain melalui informasi Bulger, sejak saat itu Bulger jadi informan rahasia bagi FBI, situasi ini justru dimainkan oleh Bulger demi meraih kekuasaan lebih lagi FBI, Polisi menjadi sasaran "Suap" hal inilah yang membuat kepala FBI  Charles McGuire  ( Kevin Bacon )  marah besar seoalah-olah FBI melindungi Bulger, Connoly meyakinkan Charles kalau hal ini merupakan cara yang terbaik tidak hanya menangkap pejahat lain tapi bisa mengatur Bulger. Permainan dua kubu antara FBI dan Bulger sangat lihai, tidak diketahui oleh rekan-rekan Bulger dan beberapa agen FBI yang terlibat. Apapun yang menyangkut Bulger , semua saksi bakalan mati secara mengenaskan oleh Bulger, dia tak segan-segan membunuh dengan tangannya tanpa bantuan senjata, anak buahnya membuang mayat dibawah sebuah Jembatan .
 

Bertahun-tahun FBI selalu kalah dalam penangkapan Bulger, namun disisi lain persaingan bisnis membuat salah satu anak buahnya harus berurusan dengan FBI, saat ini FBI dikepalai oleh Fred Wyshak ( Corey Stoll ) , sejak kematian seorang pengusaha permainan Jai Alai . inilah kesempatan emas bagi FBI membongkar habis sindikat  Winter Hill Gang bertekuk lutut. Akankah cara ini berhasil menangkap Bulger, dan membongkar hubungan senator, serta agen FBI yang terlibat ?
 
Black Mass berdasarkan kisah nyata dari buku tahun 2001 Black Mass: TheTrueStory of anUnholy Alliance Between the FBI and the Irish Mob  karangan  Dick Lehr &  GerardO'Neill. Sutradara Scott Cooper ( Out Of Furnace, Crazy Heart ) penulis naskah oleh Mark Mallouk & Jez Buterworth berhasil menjadikan Johnny Depp berperan sebagai gembong berdarah dingin, lihai, tanpa ampun , sadis dan brutal . Semua disajikan secara gamblang tak bertele-tele. Ini merupakan sebuah film yang dikemas secara cerdas, hampir semua adegan demi adegan membuat kita penonton menebak adegan selanjutnya.  
 
 
Black Mass merupakan persembahan CrossCreek Pictures & Warner Bros sebagai distributor  tayang tanggal 18 September 2015 serentak di seluruh dunia termasuk Indonesia  , bahkan Black Mass terpilih sebagai salah satu film di Venice Film Festival 2015 & Toronto Film Festival 2015.
 
Overall : 9/10  
 

Comments

Popular posts from this blog

Review : WONDER PARK 2019

WONDER PARK Directed : Josh Applebaum Production : Nickelodeon Movies, Paramount Pictures Runtime : 85 Minutes  Daya kreasi anak kecil memang luar biasa, mereka bisa menciptakan sesuatu yang mustahil dan bisa diwujudkan secara nyata, nah daya imajinasi inilah yang dijual oleh Josh Applebaum selama ini dikenal sebagai penulis dan produser film live action dan film action, film WONDER PARK ini merupakan debut pertamanya dalam film animasi sebagai sutradara,dan sekaligus penulis cerita. Menggandeng Nickelodeon Movies karena segmentasinya pada anak-anak berumur 5 - 10 tahun. Berkisah tentang anak gadis berumur 10 tahun bernama Cameron June (Brianna Denski) mempunyai imajninasi fantastis sebuah wahana yang berisi talking animal sebagai pemeran utama wahana tersebut, ibunya selalu mendongeng kisah wahana tersebut sebelum tidur namun berjalannya waktu mamanya diagnosis penyakit kronis, June merasa kehilangan semangat hidup, seolah-olah imajinasinya hilang ketika mamanya harus menjalani karatin…

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…

REVIEW : PET SEMATARY 2019