Skip to main content

Review : Inside Out

 
INSIDE OUT
Cast : Riley (Kaitlyn Dias), Joy (Amy Poehler) , Sadness (Phyllis Smith) , Fear (Bill Hader), Anger    (Lewis Black) &  Disgust (Mindy Kaling)
Production : Walt Disney Pictures & Pixar Animation 
Directed : Pete Docter


Saat Riley ( Kaitlyn Dias )  kecil lahir disebuah negara bagian Minesota, mengisahkan  5 emosi dalam jiwa anak itu tumbuh bersama-sama, semua terekam dalam pikiran Riley baik saat dia senang, sedih bahkan marah sekalipun. Bahkan ketika dia bersama sang ayah bermain semuanya itu terekam jelas dalam sebuah "inti" memory yang mengerakan beberapa kepribadiannya.  Namun semuanya berubah ketika Riley berumur 11 tahun harus pindah ke luar kota, San Fransisco,  sejak awal tiba Riley tak begitu suka dengan rumah baru yang harus ditinggali, tapi dia mencoba beradaptasi 

Sadness (Kesedihan),
selalu melalukan kesalahan dalam pikiran Riley apa yang dikerjakan membuat Riley sedih & kecewa , Joy(Kebaikan) lah yang berusaha menenangkan hati Sadness .  Tugas Joy memang berat harus menjaga keseimbangan antara Anger (Kemarahan) , Disgust ( Menjijikan), Fear ( Ketakutan ). Hari pertama masuk sekolah merupakan pengalaman diluar rumahnya tapi tidak dengan Riley merasakan kemarahan yang mendalam , Anger sekarang yang menguasai pikiran Riley saat Joy & Sadness harus mencari memori inti yang hilang masuk dalam ingatan terdalam Riley.  Hari itu membuat Riley sangat kecewa tentang pilihan ayahnya (Kyle MacLachlan) pindah ke rumah baru.  Long Term Memories ( ingatan paling dalam ) membuat Joy kesusahan untuk mengembalikan 5 inti memory namun Joy tidak begitu saja menyerah .



 
Sudah 2 inti memory yang hilang  Pulau Persahabatan & Pulau Kelucuan , saat ditengah jalan menemukan Imagenary Friend ( Teman Khayalan ) gajah pink Bing Bong (Richard Kind).   Tugas mereka harus sampai ke pusat produksi impian ( Dream Productions ) untuk mengembalikan 5 inti memory menjadi berfungsi kembali , banyak hal yang dilalui Joy , Sandess dan Bing Bong .

Film Inside Out  bukan ditujukan buat anak-anak kecil yang belum mengerti arti kehidupan , film ini ditujukan kepada anak remaja berumur 8-12 tahun lebih tepatnya saat SD menuju ke SMP , bukan perkara yang mudah bagi anak-anak harus kehilangan masa-masa kecil bersama keluarga harus mempunyai dunia sendiri yang lebih luas teman baru dan lingkungan yang baru .  Animasi Pixar & Walt Disney Pictures membuktikan film layak masuk nominasi oscar tahun 2015, tak heran warna-warna begitu nyata seakan-akan kita berada didalamnya. Sutradara Pete Doctor ( Up, Monster Inc ) sukses dalam Box Office dan Best Animation movie, tak heran Inside Out  akan masuk Best Animation 2015 .

Film animasi tentu tak lepas dari soundtrack yang selalu menjadi "jiwa" film tersebut , dikerjakan oleh Michael Giacchino ( Toy Story , Star Trek Into Darkness ) memberikan tone-tone yang enak didengar . Film ini mengajarkan kita untuk tetap menjaga memory yang indah selama kita masih anak-anak sampai kapanpun, memory itu tidak bisa digantikan saat kita dewasa. Arti sebuah kejujuran mengajarkan kita bertindak dewasa, menghargai didikan orangtua kita walaupun itu membuat kita kecewa karena kita tidak mengetahui rencana sebenarnya.  Kesedihan bukan membuat kita harus berbuat kesalahan seumur hidup tapi menjadi pelajaran berharga supaya kita tidak cepat menyerah dalam kondisi apapun.
Overall : 8.5/10 
 


Comments

Popular posts from this blog

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…

Review : 1987: When the Day Comes

Review : 22 MENIT

 22 MENIT
Sutradara : Eugene Panji Pemain :Ario Bayu, Ade Firman hakim,Ence Bagu, Ardina rasti  Produksi : Button Ijo Durasi : 75 Menit