Skip to main content

Review : BEBAS ( Remake dari film SUNNY 2011 - Korea )


BEBAS
Sutradara : Riri Riza
Produksi : Miles Film, CJ Entertaiment
Durasi : 2 jam 5 menit
Setelah sukses di Korea Selatan film SUNNY (2011) diadaptasi oleh Jepang (2018), Filipina dan Indonesia (2019), saya sendiri termasuk yang telat menonton film Sunny versi korea, ya memang ada perubahan sesuai budaya yang mengadaptasinya memang tak semua setiap kita mengalami masa-masa yang indah di SMA – seperti saya tahun 1985-1991 saya habiskan lebih banyak menyendiri dibandingkan kumpul bersama, kalopun ngbrol sama temen selalu ketinggalan berita, paling kudet waktu itu. Sebenarnya SUNNY tak hanya mereka yang pernah duduk dibangku sma, mereka yang hanya lulus sd, smp-pun mempunyai cerita yang menarik untuk di kenang, kenapa bukan masa kuliah karena masa kuliah lebih banyak sendiri dibandingkan bersama-sama teman artinya perbedaan jam pelajaran tidak seperti masa-masa dibangku sekolah. Andaikata waktu bisa diulang kembali mungkin anda ingin membalas kesalahan selama waktu sekolah, apalagi bagi mereka yang berumur 40-60 tahun keatas beberapa kali kah bisa reuni bersama teman sekolah yang ada banyak dari kita pasti sudah ada yang meninggal, hilang komunikasi atau tak ingin bersama teman sekolah karena masalah “bully” yang selalu mengingatkan kisah menyakitkan.

Setelah diumumkan bahwa pihak Miles memproduksi film SUNNY bekerjasama dengan CJ Entertaiment dengan judul BEBAS dan disaat lauching trailer beberapa waktu lalu saya teringat seperti film AADC dalam sudut pandang yang berbeda, fokusnya tidak pada satu actor saja tapi beberapa actor yang terlibat. BEBAS tidak hanya bicara soal persahabatan tapi cinta pertama, arti hidup, dan identitas diri sendiri saat masih sma, Promo film BEBAS termasuk gencar lagu yang diambil yaitu “BEBAS” oleh penyanyi Iwa.K yang tahun 90an sangat ngetop pada jamannya dan mengandeng salah satu platform online pembelian sangat terkenal yaitu TIKET.COM, antusias tidak sampai disini setelah trailernya di lauching pada bulan September sudah ditonton 1.3 juta viewer hal ini menunjukan film ini salah satu yang ditunggu oleh mereka yang ingin berreuni di bioskop. Pada tanggal 28 September Konser BEBAS di Jakarta menghadirkan hampir semua soundtrack yang menghiasi film ini, Nomor-nomor lawas dibawakan dengan sentuhan masa kini oleh para penyanyi muda; Sheryl Sheinafia, Maizura, Eva Celia, dan Vidi Aldiano. Sekitar lebih dari 1.300 penonton konser semalam bernyanyi bersama mengikuti lagu-lagu ’90-an seperti Cantik (Kahitna) yang dibawakan oleh Vidi Aldiano, Cuma Khayalan (Oppie Andaresta) yang dibawakan oleh Sheryl Sheinafia, Satu Yang Tak Bisa Lepas (Reza) yang dibawakan oleh Maizura, dan Aku Ingin (Indra Lesmana) yang dibawakan oleh Eva Celia. Terlihat di antara penonton Konser BEBAS – Pesta ‘90an adalah para pemain dan pembuat Film BEBAS, juga beberapa rekan artis dunia hiburan seperti Lukman Sardi, Wulan Guritno, dan Raffi Ahmad memenuhi ruangan konser. Semua bernyanyi bersama dengan kompak mengikuti lagu-lagu yang dibawakan oleh band dan penyanyi yang hits di era ’90-an, seperti NTRL yang menghentakkan ruangan dengan Wa…Lah, Bulan, dan Pelangi. Juga Project Pop yang membuat suasana begitu semangat dan ceria dengan lagu Tu Wa Ga Pat dan Ingatlah Hari Ini. Nostalgia ’90-an sangat kental terasa ketika band Andra and the Backbone naik panggung membawakan lagu-lagu Dewa 19. Dedy, sang vokalis, di atas panggung mengucapkan terima kasihnya kepada Mira Lesmana dan Riri Riza karena malam itu diberi kehormatan membawakan salah satu lagu yang sangat ikonik di era ’90-an, Kangen (Dewa 19). Selain itu, Andra and the Backbone juga membawakan 2 lagu Dewa 19 lain; Kuldesak dan Satu Hati (Kita Semestinya). Film BEBAS dibintangi sederet aktor-aktor ternama, seperti Marsha Timothy (Pemenang Piala Citra 2018 kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik), Sheryl Sheinafia, Baim Wong, Susan Bachtiar, Agatha Pricilla, Indy Barends, Zulfa Maharani, Baskara Mahendra, Widi Mulia, Lutesha, dan Maizura. Serta didukung oleh Amanda Rawles, Giorgino Abraham, Brandon Salim, Kevin Ardilova, Syifa Hadju, Sarah Sechan, Tika Panggabean, Darius Sinathrya, Bisma Karisma, Reza Rahadian (Pemenang Piala Citra 2016 Pemeran Utama Pria Terbaik), dan masih banyak lagi.
Terlepas dari adaptasi korea, film Bebas punya ciri khas tersendiri ya pasti Indonesia banget dah, karena memang pada tahun 95 merasakan banget masa-masa sekolah yang unik bagi sebagian orang, Ketika Vina (Marsha Timothy) ibu rumah tangga dengan kehidupan monoton seperti ibu-ibulainnya tak sengaja bertemu temanya di rumah sakit saat membesuk ibunya yang sakit disinilah kisah nostaligia mereka kembali disaat Kris ( Susan Bachtiar ) sebelum ajal tiba ingin sekali bertemu sahabat-sahabat lama mereka, sebuah permintaan dari sahabat Vina kembali ke sekolah dahulu langsung teringat bagaimana dia pertama kali datang, diceritakan sosok Vina muda (Maizura) begitu lugu asal dari kampung pindah ke Jakarta masuk di sekolah SMA dimana suasana beda, juga kehidupan social lantaran tak punya sahabat hanya salah satu gengs yang menerima dia hingga pada kisah-kisah romantis ala anak SMA, persahabatan yang kental, masa penerimaan diri dilingkungan sekolah menjadi titik cerita BEBAS, saya tak ingin menceritakan panjang lebar, kalian yang menonton akan merasa nostalgia selama film berlangsung. Miles selalu menekankan karakter yang solid setiap pemain walaupun hanya sekilas tetap memberikan pengaruh pada filmnya, pengarapan lokasi khususnya di Jakarta akan terasa kental, begitu juga dengan kostum, dengan alur flashback penonton tak akan pusing selama film ini berlangsung. BEBAS silakan dinikmati mulai tanggal 3 Oktober 2019 bawa sahabat, kekasih, gang sekolah kalian, pasti anda mengalami nostalgia  dengan mereka bisa jadi cengar cengir sendiri, ketawa dan menangis terharu akan mereka yang telah tiada.
Overall : 8.5/10 




Comments

Popular posts from this blog

Review : WONDER PARK 2019

WONDER PARK Directed : Josh Applebaum Production : Nickelodeon Movies, Paramount Pictures Runtime : 85 Minutes  Daya kreasi anak kecil memang luar biasa, mereka bisa menciptakan sesuatu yang mustahil dan bisa diwujudkan secara nyata, nah daya imajinasi inilah yang dijual oleh Josh Applebaum selama ini dikenal sebagai penulis dan produser film live action dan film action, film WONDER PARK ini merupakan debut pertamanya dalam film animasi sebagai sutradara,dan sekaligus penulis cerita. Menggandeng Nickelodeon Movies karena segmentasinya pada anak-anak berumur 5 - 10 tahun. Berkisah tentang anak gadis berumur 10 tahun bernama Cameron June (Brianna Denski) mempunyai imajninasi fantastis sebuah wahana yang berisi talking animal sebagai pemeran utama wahana tersebut, ibunya selalu mendongeng kisah wahana tersebut sebelum tidur namun berjalannya waktu mamanya diagnosis penyakit kronis, June merasa kehilangan semangat hidup, seolah-olah imajinasinya hilang ketika mamanya harus menjalani karatin…

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…

REVIEW : PET SEMATARY 2019