Skip to main content

Review : Arrival

ARRIVAL 
Directed : Dennis Villeneuve
Actor : Amy Adams, Jeremy Reiner, Forest Whitakers
Production : FilmNation Entertainment and Lava Bear Films, A 21 laps Entertaiment Production
Duration : 116 Minute 
 

Dalam pikiran kita selalu ada pertanyaan yang hampir sama dengan tujuan film ini dibuat, apa maksud kedatangan para Aliens di Bumi?, Apakah rupa mereka ?, Bagaimana mereka berkomunikasi ? dengan premis yang sama diharapkan para penonton mudah mengikuti jalan ceritanya dari awal hingga akhir. Berdasarkan novel pendek fiksi tahun 1998  Story of your life oleh Ted Chiang, Itulah yang adapatasi oleh sutradara dan dihadirkan dalam film ARRIVAL.


Dr Louise Banks ( Amy Adams ) ahli dalam bidang liguistik/bahasa saat berada di kelas, muncul berita tentang kedatangan Aliens, namun dia tak peduli hingga salah satu petinggi militer datang mengajak Banks menterjemahkan bahasa yang mereka pakai. Kolonel Weber (Forest Whitakers) mengatakan jika hal ini tidak dikerjakan maka akan datang bencana yang besar bagi umat manusia. Banks akhirnya menyanggupi bekerjasama,  salah satu teamnya  Ian Donnely (Jeremy Reiner) seorang ahli matematika, numberik . Saat berada pertama kali di Heptapod ( julukan untuk bentuk  aliens ) , Dr Banks mencoba mengerti tulisan simbol pola-pola aliens, Banks yakin jika dengan bahasa dasar manusia maka komunikasi aliens dengan manusia dimengerti. Waktu yang diberikan sangat terbatas karena beberapa negara sedang meluncurkan senjata andalannya untuk mengusir para aliens, Bank meminta waktu lagi untuk menterjemahkan. Ada hal yang aneh terjadi Dr Banks selalu mendapatkan gambaran akan masa depan, dan ingatanya bersama anaknya. 2 hal  yang selalu menganjal pikirannya, hal itu terjadi setelah  keluar dari Heptapod , Jika Dr Banks tidak berhasil menterjemahkan negara-negara besar sudah sepakat maka senjata siap diluncurkan. Negara pertama yang akan menyerang adalah China dibawah komandan Jendral Cheng. Akankah Dr Lousie Banks bisa memecahkan simbol-simbol tulisan para Heptapod tersebut ? atau justru terjadi penyerangan besar-besar oleh manusia ?  


Arrival , bukanlah Popcorn movie yang langsung bisa dimengerti oleh orang banyak,banyak yang belum dijelaskan secara detil Banks bisa cepat mengerti simbol-simbol tersebut. Saya percaya bahwa penonton juga ingin merasakan aksinya yang sepetakuler. Jika moviegoers pernah menonton Close Ecounter of third kind ( 1997 ) , E.T The Extra Terrestial ( 1982 ) & Contact ( 1998 )  maka  gabungan dari ketiga film ini akan menjadi sebuah ekpektasi tinggi saat menonton, Namun Arrival bukan seperti film diaatas tidak ada aksi yang spektakuler, Dennis Villeneuve ( Incidies, Prisoners, Enemy, Sicario ) sang sutradara Arrival menyajikan film scifi psikologi yang tidak mudah di cerna dari adegan demi adegan, alur flashback menjadi bagian dalam cerita film ini. Amy Adams masuk mominasi Golden Globe 2017 sebagai artis terbaik, Jangan menonton dalam kondisi cape/lelah pasti akan tertidur selama durasi 1jam 16 menit.

Arrival tayang di semua bioskop seluruh indonesia mulai hari ini tanggal 6 January 2017.

Overall : 7/10






Comments

Popular posts from this blog

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…

Review : 1987: When the Day Comes

Review : Mr Hurt

Mr Hurt 
Directed : Ittisak Eusunthornwattana
Starring : Sunny Suwanmethaon, Marie Broenne, Mashnanoad Sulvamas, Ponsatorn Jongwilak
Production : Transformation Film
Duration : 129m

Lagi-lagi Thailand membuat film bertema drama percintaan dengan cerita seputar patah hati, yang paling membuat kita betah menontonnya tak lain jalan cerita yang sederhana juga casting yang natural dari artis cukup terkenal ditambah lokasi shoting gak jauh dari makanan, tempat tinggal dan sebagainya. Buat saya serasa menonton FTV namun dikemas dengan baik, itulah kelebihan mereka membuat film apalagi twist yang seringkali kesel .
Alkisah pemain tenis pro terkenal Don ( Sunny Suwanmethaon )  pacaran dengan Anna ( Marie Broenner ) , saat Don mau serius melamar Anna, justru Anna memutuskan Don begitu saja, dunia Don berbalik dia tidak semanggat dalam latihan tennis, semuanya berubah total. Tema-temanya mencoba memberikan semanggat bangkit kembali namun gagal juga, Don benar-benar kehilangan Anna. Salah satu cara …