Skip to main content

Review : WIDOWS

WIDOWS
Directed : Steve McQueen
Starring :Collin Farrel, Liam Neeson, Viola Davis, Daniel Kaluya,Michelle Rodriquez
Production :Regency Enterprise, Film4, 20th Century Fox
Runtime : 129 Minutes
Yang membuat sutradara Steven McQueen begitu antusias mengadaptasi serial tv La Plante saat berumur 13 tahun, karena kekagumannya bagaimana peran istri menjadi bagian penting dari sindikat para perampok kawakan, berbeda dengan film para gangster yang saat itu lagi booming. Hal ini dia wujudkan tahun 2018 dalam layar lebar akan kisah tersebut yang mampu menguras waktu untuk menonton, kita sudah mengenal karyanya 12 Year Slave masuk Best Picture Oscar 2013. Film ini juga tidak hanya sekedar tentang perampokan biasa namun berbicara tentang politik, rasis, agama dan strata sosial. Lokasi Chicago sangat cocok, karena kota ini sangat terkenal dalam dunia gangster sejak dulukala, maka sangat tepatlah mencerminkan situasi yang kita hadapi saat ini, tutur Steve Mc Queen. Kenapa dia memilih peran wanita perampok menjadi tokoh sentral dalam WIDOWS, merekalah yang mendapatkan tekanan jiwa, sosial, etnis yang berbeda ketika berada di masyarakat, sebuah kekuatan yang tidak diketahui oleh musuh yang menganggap mereka tak berdaya tidak seperti para suami mereka. Tentunya mereka jarang diungkap keberadaanya dalam sebuah film, kini saatnya mereka tampil lebih banyak.
 
 
Bermula ketika Veronica (Viola Davis) bagian dari serikat guru sekaligus janda dari Harry Rowlings (Liam Neeson) sang pemimpin , mendapatkan tekanan dimana cerita berawal dari kematian suami dan gerombolan perampok. Semua ini membuat para wanita tertekan dan ingin membalas dendamdisisi lain pertarungan perebutan Major Kota Chicago -  Jamal (Bryan Tyerre Henry) ) mencalokan sebagai Major bersiteru dengan Jack (Colin Farrel), Ada yang aneh bagi mereka perampok kawakan bisa terbunuh saat pelarian tapi dia yakin ada dalang dibalik semua itu, Saat Jatemme (Daniel Kaluya) menyelidiki kasus tersebut tertuju pada mendiang Veronica tahu keberadaan uang hasil rampokan Henry. Merasa terdesak maka Veronica mengumpulkan yang lain untuk merampok kembali Jack jika terbukti sebagai dalangnya. Tak semudah para janda melancarkan serangan, strategi dibuat sedemikian rupa tanpa ada kesalahan yang fatal, ini membuktikan skill terbatas tanpa perancangan yang matang tak mungkin berhasil. 

Mungkin bagi pengemar film Steve McQueen merasa film ini terlalu lambat dalam bertutur hingga separuh waktu dihabiskan hanya drama persiapan para janda tanpa eksekusi yang jelas, hingga masuk ending baru terasa ketegangan yang terjadi. Moviegoers sudah berekspektasi tinggi terhadap film ini namun rasanya bukan seperti film Steve McQueen yang mereka kenal, Ada beberapa karakter yang kuat ada juga yang begitu saja tidak ada artinya sama sekali. Rasanya berat masuk nominasi Oscar tahun 2019 namun hasil penilaian juri seringkali kita tidak bisa tebak, justru bagi saya  film ini termasuk yang padat dalam segi cerita dan karakter menjadikan film WIDOWS sebuah film tentang cinta, persahabatan, empati , kesedihan tanpa akhir dan balas dendam juga pengkhianatan menjadi satu kesatuan yang utuh dari awal hingga akhir.

WIDOWS tayang mulai tanggal 7 Desember 2018 diseluruh bioskop, sajian yang berbeda dari Steve McQueen. 
Overall : 7/10
 


Comments

Popular posts from this blog

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…

Review : 1987: When the Day Comes

Review : Mr Hurt

Mr Hurt 
Directed : Ittisak Eusunthornwattana
Starring : Sunny Suwanmethaon, Marie Broenne, Mashnanoad Sulvamas, Ponsatorn Jongwilak
Production : Transformation Film
Duration : 129m

Lagi-lagi Thailand membuat film bertema drama percintaan dengan cerita seputar patah hati, yang paling membuat kita betah menontonnya tak lain jalan cerita yang sederhana juga casting yang natural dari artis cukup terkenal ditambah lokasi shoting gak jauh dari makanan, tempat tinggal dan sebagainya. Buat saya serasa menonton FTV namun dikemas dengan baik, itulah kelebihan mereka membuat film apalagi twist yang seringkali kesel .
Alkisah pemain tenis pro terkenal Don ( Sunny Suwanmethaon )  pacaran dengan Anna ( Marie Broenner ) , saat Don mau serius melamar Anna, justru Anna memutuskan Don begitu saja, dunia Don berbalik dia tidak semanggat dalam latihan tennis, semuanya berubah total. Tema-temanya mencoba memberikan semanggat bangkit kembali namun gagal juga, Don benar-benar kehilangan Anna. Salah satu cara …