Skip to main content

Review : The Post

THE POST
Directed : Steven Spielberg 
Starring : Merryl Streep, Tom Hanks
Production : Dreamworks Pictures, Amblin Entertaiment, 20th Century Fox, Universal Pictures
Runtime: 116 Minutes


The POST, sebuah film tak seberat cerita  Spotlight 2015  yang menyoroti masalah social namun The Post membritakan ke publik  Pentagon Papers sebuah dokumen rahasia selama 30 tahun skandal Amerika tentang perang Vietnam bahkan sebelum perang dimulai. Catherine (Merryl Streep) memegang direksi utama The Washington Post disaat kondisi mulai pailit akibat masalah keuangan yang mereka hadapi, satu-satunya jalan adalah berencana menjual saham ke publik untuk peningkatan pendapatan perusahaannya. Jelang beberapa saat  justru ada sebuah kisah yang menarik dari surat kabar The New York TIMES berita skandal perjanjian Amerika & Vietnam yang membuat melejit karena berdasarkan bocoran investigasi orang pemerintahan dibawah RAND Corporation-Daniel Ellsberg. Sebagai pemimpin tertinggi Catherine merasa belum mampu mengambil keputusan yang besar atas apa yang terjadi namun Chief Editor  Ben Bradlee  (Tom Hanks ) berusaha membuat berita yang sama selama mendapatkan sumber yang terpercaya. Dan kisah tersebut mengangkat nama The Washington Post ditengah kondisi yang tak menentu.



Intrik politik dalam sebuah film emang enak disajikan dalam format layar lebar karena kita bisa merasakan soal-olah kita ikut terlibat proses bagaimana mereka menghadapin kondisi saat itu. Peran Tom Hanks selalu memukau dengan cirikhas saat berakting, actor kawakan ini sudah banyak ditempa puluhan film yang dia bintangi dan selalu masuk jajaran Box Office, bukan itu saja, dia masih diperhitungkan apalagi Tom Hanks pernah bekerja sama dengan Steven Spielberg membuat serial tv perang PD 2 sangat fenomenal Band of Brothers & The Pacific , setelah dia menjadi actor dalam film Saving Private Ryan. Karir dan aktingnya makin hari makin terlihat menakjubkan begitu juga dengan Merryl Streep, siapa yang tak kenal dengan salah satu aktris hebat ini, 21 Nominasi Oscar dan 31 Piala Golden Globe sudah tidak diragukan dia berakting. Inilah yang membuat Steven Spielberg mau mengambil mereka berdua tampil dalam sebuah drama selama durasi 2 jam lebih .

Inilah kisah seklumit The Post karya Sutradara Steven Spielberg masuk 9 nominasi Golden Globe Best Actor & Actres,  Best Motion Pictures Drama  2017 dan 2 Nominasi Oscar untuk Best Directed & Best Pictures, Best Actress 2017. Sebuah drama konflik internal yang berujung pada kebebasan pers dan kebangkitan media pers Amerika untuk berkata jujur. Cinematography, Editing & Scoring tetap dipegang oleh Trio legendaris  Janusz Kaminski, Michael Khan, John Williams. Ketiga sahabat  ini sudah melekat pada Steven sejak mereka masih muda.  Bagaimana kiprah Steven membuat sebuah film hingga menghasilkan piala Oscar beberapa kali. Tak heran apa yang mereka kerja hasilnya sangat bagus sekali baik secara visual dan editing bahkan scoringnya.  Memang saat ini banyak orang sudah tidak suka dengan gaya monoton seorang maestro film Steven Spielberg, banyak kritikus menilai tak ada sesuatu yang baru, dia selalu mengambil dari film-filmnya yang sudah ada jadi tidak susah untuk mengerjakannya atau alur ceritanya yang begitu lambat. Banyak para moviegoers ingin melihat karya Steven seperti Catch Me If You Can yang dibintangi oleh Leonardo DeCaprio atau kisah heroik Saving Private Ryan. Sudah beberapa film tidak mendapatkan piala Oscar namun Steven tetap berkarya, bukan soal menang atau tidak tapi dia berusaha yang terbaik bagi perfilman dunia. Jangan pernah ragu akan seorang Steven Spielberg membuat film. ada satu lagi dibulan Maret sebuah film fiksi Ready Player One menghiasi kancah bioskop Indonesia. 

The Post hanya tayang di CGV Cinemas, Cinemaxx Theater  mulai hari ini. jangan lewatkan menonton filmnya. anda yang berkecimpung di dunia media pasti akan menyukainya.

Overall : 8.5/10



Comments

Popular posts from this blog

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…

Review : 1987: When the Day Comes

Review : 22 MENIT

 22 MENIT
Sutradara : Eugene Panji Pemain :Ario Bayu, Ade Firman hakim,Ence Bagu, Ardina rasti  Produksi : Button Ijo Durasi : 75 Menit