Skip to main content

Review : The Battleship Island


THE BATTLESHIP ISLAND
Director : Ryoo Seung-won
Cast : Song Joong-ki, Hwang Jung- min, Kim Su-an, Lee Jung-hyun, So Ji-seob
Production : CJ Entertaiment
Runtime : 132 minutes


Terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi ketika Korea dijajah oleh Kolonial Jepang pada tahun 1945. Sedikitnya 400 warga Korea dibawa ke sebuah pulau bernama Pulau Hasima (atau dikenal sebagai Battleship Island) untuk dipekerjakan dipenambangan batu bara oleh pemerintah Jepang. Dipenuhi dengan adegan aksi dan kekerasan yang terlihat begitu eksplisit sehingga mampu membuat penonton ikut merasakan kengerian dan rasa pilu yang dialami oleh penduduk Korea yang dipaksa bekerja di pulau tersebut. Bukan hanya bercerita mengenai perang saja, film ini juga menyertakan drama yang menyentuh mengenai hubungan ayah dan anak yakni Lee Kang-ok ( Hwang Jung Min )  dan putrinya So-hee ( Kim Su-an ) yang mampu mewarnai alur cerita secara keseluruhan. Tak lupa, film ini juga banyak di isi oleh adegan komedi yang mampu membuat penonton tertawa lepas.Perasaan seseorang secara tentang Pariotisme,Family, Survival menjadi benang merah film ini.


Kehadiran Song Joong-ki menambah daya tarik tersendiri bagi penikmat film Korea, pasalnya Joong-ki mempunyai fans yang cukup fanatik di Indonesia lewat debut drama serial tv Descendants Of The Sun ( 2016 ) yang membuat namanya meroket sebagai aktor terbaik nanomer 2 Korea Selatan 2017, dia menikahi lawan mainya di serial tv tersebut.  Ryoo Seung Wan yang menyutradarai film ini sebelumnya dikenal luas hasilnya tidak mengecewakan penonton :  Berlin File (2011) , Unjust (2010) dan Veteran (2015), film ini juga menghantarkan dia sebagai salah satu Best Director Korea Movie, penekanan gaya sinematoraphinya pada angle yang cepat dirubah sediikit karena unsur emosional karakter dia pertahankan, dan Ryoo akan melanjutkan tahun depan sequel Berlin File 2 dan Veteran 2. Tak bisa dipungkiri jika film korea selalu menjanjikan dan memberikan hasil yang sangat baik, Film ini menjadi salah satu puncak daftar Box Office 2017  di Korea sebesar US$ 42 Million dari bujet sekitar US$ 20 Million sangat besar tak main-main didukung Spesial Efek yang memadai. Berbagai adegan jadi terasa realistik dan mampu menggambarkan secara reka ulang adegan apa yang terjadi di Pulau Hashima puluhan tahun yang lalu. Bagi para penggemar film perang, rasanya film  The Battleship Island sangat sayang untuk dilewatkan. Film ini akan tayang mulai 16 Agustus 2017 hanya di CGV , Cinemaxxtheatre dan Platinum Cineplex. (put)

Overall : 8 /10.


Comments

Popular posts from this blog

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…

Review : 1987: When the Day Comes

Review : Mr Hurt

Mr Hurt 
Directed : Ittisak Eusunthornwattana
Starring : Sunny Suwanmethaon, Marie Broenne, Mashnanoad Sulvamas, Ponsatorn Jongwilak
Production : Transformation Film
Duration : 129m

Lagi-lagi Thailand membuat film bertema drama percintaan dengan cerita seputar patah hati, yang paling membuat kita betah menontonnya tak lain jalan cerita yang sederhana juga casting yang natural dari artis cukup terkenal ditambah lokasi shoting gak jauh dari makanan, tempat tinggal dan sebagainya. Buat saya serasa menonton FTV namun dikemas dengan baik, itulah kelebihan mereka membuat film apalagi twist yang seringkali kesel .
Alkisah pemain tenis pro terkenal Don ( Sunny Suwanmethaon )  pacaran dengan Anna ( Marie Broenner ) , saat Don mau serius melamar Anna, justru Anna memutuskan Don begitu saja, dunia Don berbalik dia tidak semanggat dalam latihan tennis, semuanya berubah total. Tema-temanya mencoba memberikan semanggat bangkit kembali namun gagal juga, Don benar-benar kehilangan Anna. Salah satu cara …