Skip to main content

Review : SIAP GAN

SIAP GAN
Sutradara : Ody  C. Harahap
Pemain : Rini Mentari, Aulia Sarah, Yaman Carlos, Indra Birowo
Produksi : PT Muara Prima Entertaiment
Runtime : 90 Menit

Sebuh film remaja dengan tema Patriotisme tidak hanya sekedar tentang perang tapi juga bisa mengenai tanggung jawab, sikap pribadi atau bermasyarakat yang menjadi kehidupan sehari-hari. Dengan lokasi di Surabaya -  Jawa Timur ( Kota Pahlawan )  khas dialek Suroboyo yang kental para tokoh mengalir apa adanya. Sebuah drama situasi yang sangat relevan saat ini ketika anak muda lebih suka hidup sendiri, selfish, acuh tak acuh seakan-akan semua mudah didapatkan, terlalu santai dibandingkan kehidupan yang penuh bertanggung jawab. SIAP GAN memberikan contoh bagaimana anak gadis berusaha demi kehidupannya sendiri walaupun banyak tantangan kegagalan demi kegagalan dialami tak akan membuat dia menyerah begitu saja. Hingga suatu saat dia berencana menjadi pelacur demi bisa menyambung kehidupannya, Nina (Rini Mentari) Bersama Vivi (Aulia Sarah) justru mengalami insiden Razia hingga dia berusaha kabur jauh sampai berada disuatu tempat dimana Nina bisa berlindung hingga pagi dan kembali ke rumah tanpa takut.  Belum berselang beberapa waktu Nina menghindar justru ikutan barisan anak-anak muda yang ternyata persiapan PASKIBRA untuk acara 17an, dibawah ketakutan Nina menyamar sebagai salah satu orang yang tak hadir bernama Putri. Dibawah Airlangga (Yaman Carlos) sebagai kapten PASKIBRA dan Prabu, didikan latihan baris berbaris menjadi masalah tersendiri belum lagi mengalami tantangan juga tidak sekedar menyembunyikan identitasnya tapi juga tantangan dari teman lainya, inilah babak kehidupan baru yang harus di jalanin hingga dia bertemu bapak tua Pak Sakiran mantan tantara pelajar,saat ini mengabdi sebagai  penjaga Asrama Pelatihan tersebut.  

Bagi penonton film indonesi sudah menikmati karya Ody C Harahap ( Kapan Kawin, Sweet 20, Cinta/Mati ) dibawah besutanya SIAP GAN, film yang sederhana mengalir bagi penonton sangat muda mencerna, rilis disaat yang tepat dengan moment Asian Games, HUT RI ke 73 dan Asian Para Games sehingga mampu menyedot penonton tuk menyaksikan filmnya,Sejak muncul film berbahasa daerah beberapa waktu lalu rasanya sudah waktunya banyak film berdialek daera tak sekedar hanya tempelan tapi keseluruhannya menjadi sebuah film yang menjungjung tinggi budaya setempat. SIAP GAN berisi nilai kerjakeras, Displin, Kejujuran dan Kerja keras berpadu menjadi satu plus dibumbui komedi mudah-mudah anak muda menyukainya. Bagi mantan Paskibra wajib nonton anda merasakan nostalgia yang tak jauh berbeda apa yang dialami Nina.

SIAP GAN tayang mulai 13 September di Bioskop Indonesia, jangan lewatkan soundtrack Merah Putih ( KOTAK ) menjadikan film ini makin bermakna.





Comments

Popular posts from this blog

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…

Review : 1987: When the Day Comes

Review : 22 MENIT

 22 MENIT
Sutradara : Eugene Panji Pemain :Ario Bayu, Ade Firman hakim,Ence Bagu, Ardina rasti  Produksi : Button Ijo Durasi : 75 Menit