Skip to main content

REVIEW : US 2019


US - 2019
Directed : Jordan Peele
Starring : Wilson Duke, Lupita Nyong'o
Production : Blumhouse Productions, MonkeyPaw Productions, Universal Pictures
Runtime :1h 56m
Setelah sukses dengan Get Out (2017) dimana film ini masuk jajaran box office dalam genreThriller dan Suspense. Film penuh misteri psikologis antar ras budaya negro dengan kulit putih, nah tahun 2019 sutradara yang sama Jordan Peele membuat gebrakan baru yang tak kalah menariknya sebuah film Suspense Thriller, dengan formula teka teki yang tak terpecahkan. Penonton diajak berpikir bagaimana film ini berjalan tidak seperti yang kita bayangkan, alur ceritapun dibuat sedemikian rupa kita sebagai penonton harus menerka-nerka apa yang terjadi selanjutnya. Pada film  US lebih ada banyolan dibandingkan Get Out, mungkin Jordan Peele ingin penonton tidak 100% tegang dalam menyaksikan filmnya dengan durasi nyaris dua jam ini. Keberhasilan Jordan Peele adalah menciptakan suasana tegang minim pencahayaan dan lokasi, diperbanyak adegan suspensenya sehingga penonton tidak terlalu lelah dalam mengikutinya, itulah perbedaan Get Out dengan US. Joke yang ditawarkan juga ringan dengan karakter yang tak terlalu menyebalkan tapi tingkat pemikiran yang bodoh emang selalu ada seperti Gabe (Wilson Duke) , Ketika ingin bertamasya ke pantai Bersama keluarga, justru Istrinya-Adelaide Wilson (Lupita Nyong'o)  merasa trauma akibat masa kecil di pantai Santa Cruz. Dimana waktu kecil mengalami kejadian sangat aneh hingga berujung pada trauma yang berkepanjangan, dengan yakin Gabe mengajak Istrinya namun tidak lama sebuah kejadian aneh menghantui depan rumah mereka, sosok peniru (Doppelganger) empat manusia berpakain merah membawa gunting, rasa takut dimulai saat mereka berusaha menerobos masuk dan ingin membunuh mereka satu persatu. Salah satu cara hanya melarikan diri dari sergapan ke empat manusia yang mirip dengannya.

Sebuah misteri yang tak terpecahkan seperti dalam film Get Out, muncul adegan ayat alkitab Yeremia 11:11 menimbulkan sebuah pertanyaan besar, ditambah America sedang mengalami kelaparan yang besar pada sebuah iklan tv Hands Cross America , ada faktor kesenjangan sosial yang terjadi di America saat itu, dimana america membutuhkan dana besar mengatasi kelaparan anehnya orang-orang masih mampu menikmati liburan dan kemewahan termasuk teman Gabe - Josh Tyler. Disaat Gabe ingin bantuan mereka justru keluarga ini juga mengalami pembunuhan sama persis apa yang mereka alami. Makna yang terkandung dalam US menitikberatkan pada keberadaan "KITA" sebagai manusia, bagaimana menghadapi kenyataan yang pahit masa lalu dan perbedaan ras yang selalu terjadi. Adelaine yang trauma masa kecil bertemu peniru dirinya anehnya perilaku mereka ini terlihat ganjil dibandingkan manusia biasa. Setelah dihadapkan pada posisi yang tidak menyenangkan atas kehilangan putranya saat melarikan diri, Adelaine harus berhadapan "dirinya sendiri" kenapa keberadaanya begitu penting, satu lagi misteri dalam film US. Bagi penonton yang belum mengenal Get Out rasanya akan susah mengikutinya tapi bagi mereka pernah menyaksikan Get Out, suasana ketegangan dan adegan close up pemain diberikan secara gamblang bahkan adegan gore cukup sadis akan langsung mengerti gaya penyutradaraan Jordan Peele. Simbolik keagamaan, lorong panjang, binatang menjadi bagian cerita yang membawa kita kepada sebuah tujuan sebagai mahluk sosial.
US diluar segala pemikiran manusia tentang perubahan sosial, juga memberikan cara menilai seseorang  " jika engkau menunjuk satu jari ke orang lain maka empat jari pada diri sendiri " artinya diri kita lebih banyak salahnya dibandingkan orang lain. Dalam cerita US-Jordan Peele mencoba adaptasi dari beberapa adegan film lain seperti Funny Games, A Tale Two Sisters, Sixth Sense, The Shinning adalah gambaran cerita manusia menghadapi kondisi psikologis yang mempengaruhi jiwa manusia itu sendiri. Saksikan US di bioskop terdekat anda, nikmati adegan demi adegan dengan segala misterinya membawa sebuah pertanyaan besar saat endingnya itu sendiri.
Overall : 9/10

 

Comments

Popular posts from this blog

Review : WONDER PARK 2019

WONDER PARK Directed : Josh Applebaum Production : Nickelodeon Movies, Paramount Pictures Runtime : 85 Minutes  Daya kreasi anak kecil memang luar biasa, mereka bisa menciptakan sesuatu yang mustahil dan bisa diwujudkan secara nyata, nah daya imajinasi inilah yang dijual oleh Josh Applebaum selama ini dikenal sebagai penulis dan produser film live action dan film action, film WONDER PARK ini merupakan debut pertamanya dalam film animasi sebagai sutradara,dan sekaligus penulis cerita. Menggandeng Nickelodeon Movies karena segmentasinya pada anak-anak berumur 5 - 10 tahun. Berkisah tentang anak gadis berumur 10 tahun bernama Cameron June (Brianna Denski) mempunyai imajninasi fantastis sebuah wahana yang berisi talking animal sebagai pemeran utama wahana tersebut, ibunya selalu mendongeng kisah wahana tersebut sebelum tidur namun berjalannya waktu mamanya diagnosis penyakit kronis, June merasa kehilangan semangat hidup, seolah-olah imajinasinya hilang ketika mamanya harus menjalani karatin…

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…

REVIEW : PET SEMATARY 2019