Skip to main content

Review A WAR ( Krigen ) - Denmark


Krigen/ A War [ Denmark ]
Director : Tobias Lindholm
Cast : Pilou Asbaek (Game of Thrones) , Tuva Novotny (Puck), Dar Salim (Exodus Gods and Kings)
Durasi : 112 Menit


Komandan Claus ( Pilou Asbaek  )  beserta anak buahnya adalah tentara perang Denmark yang sedang berperang melawan milisi Taliban di Afganistan, ketika terjadi kontak senjata yang memakan banyak korban, Claus harus segera mengambil keputusan tepat sebelum lebih banyak lagi jatuh korban terutama dari rakyat sipil, sebuah keputusan sulit bukan hanya untuk dirinya dan anak buahnya tapi juga menyangkut kehidupan anak & istrinya di rumah. Bagaimana hal itu bisa terjadi ? Ketika salah satu warga Afganistan mengalami luka ditolong oleh Komandan Claus, dia berjanji jika ada perlu temui saya di Benteng Patroli, maka si warga tersebut membawa anak dan istri kesana  namun bukan ditolong justru disuruh pulang , si warga tersebut berkata jika saya pulang saya akan mati bersama anak-anak, dengan berat hari si warga tersebut kembali setelah satu hari berlalu Komandan Claus  berpatroli dijalur yang sama , Claus memerintahkan untuk melihat keadaan si warga tak disangka satu keluarga mati terbunuh oleh pasukan Taliban , tak lama kemudian terjadi baku tembak dilokasi si warga tersebut .




 



Film ini masuk nominasi " Foreign Language Film" di ajang piala Oscar 2016, tentu saja membuat film ini tak bisa dipandang sebelah mata dan bukan film perang biasa, karena filmnya lebih kepada konflik perasaan para tentara dalam mengahadapi dilema peperangan sekaligus rasa trauma dan aroma ketakutan akan sebuah kematian.Lewat film ini kita bisa memahami bahwa tentara bukan robot tapi hanya manusia biasa dengan segala macam perasaannya. walau film ini lebih mengarah ke drama tapi ada beberapa adegan yang memilukan dan bisa membuat beberapa penonton mungkin merasa mual .

Akting para pemainnya sih standar lah dan sutradara Tobias Lindholm lebih banyak memakai gaya ' Handle Camera' layaknya film dokumentar dan membuat penonton merasa dekat dengan karakternya agar lebih bisa meresapi film ini dan teknik ini juga mungkin ingin menciptakan efek yang lebih mencekam khususnya dalam adegan baku tembak dan hal itu cukup berhasil.



Bukan film perang terbaik memang tapi setidaknya lewat film ini kita bisa merenungi serta mempertanyakan kembali apa makna perang sesungguhnya dan sebenarnya tidak ada yang menang dalam peperangan karena semua menerima konsekuensinya masing - masing.


Rating : 7/10 ( Put ) 
A WAR tayang di CinemaxxTheater, CGVBlitz & Platinum mulai tanggal 24 Februari 2016 

Comments

Popular posts from this blog

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…

Review : 1987: When the Day Comes

Review : 22 MENIT

 22 MENIT
Sutradara : Eugene Panji Pemain :Ario Bayu, Ade Firman hakim,Ence Bagu, Ardina rasti  Produksi : Button Ijo Durasi : 75 Menit