Skip to main content

Review The Big Short

The Big Short

Berdasarkan buku yang sama Tahun 2010 The Big Short karangan Michael Lewis , mengenai krisis 2007-2008 anjloknya sektor perumahan di Amerika . Film ini mendapatkan banyak pujian positif oleh para juri Oscar 2016 dan layak masuk Nominasi, Besutan sutradara Adam Mc Kay ( Anchorman, Tallaga Night, Step Brother  ) menjelaskan dengan detil apa yang terjadi waktu itu, dengan paparan humor sehingga penonton mengerti jalannya film ini sendiri .
 
Tahun 2008 diramalkan oleh Michael Burry(Christian Bale) seorang manager investor lokal Scion Funds memprediksi ekonomi dunia mengalami kehancuran, banyak tagihan macet atas pemilikan rumah di Amerika . Dimulai Tahun 2005 saat Michael Burry menjabarkan teorinya di kalangan para Bankir, mereka menganggap gila tidak mungkin para kreditur rumah tak sanggup bayar, melihat ekonomi Amerika membaik. Burry menjual sejumlah program CDS ( Credit Default Swap ) dengan harga sanggat fantastis, jika tidak terjadi krisis maka dia harus membayar pinalti. Melihat hal tersebut para pemilik modal sangat marah atas tindakan Michael Burry, namun Burry menjelaskan keuntungan yang dia dapatkan dari Bank sangat besar dibandingkan premi yang harus dibayarkan selama 3 tahun . Melihat hal tersebut Jarred Vennet ( Ryan Gosling ) mencoba menjalani dengan cara serupa namun melihat resiko yang besar dia takut gagal , maka Jarred melobi para investor besar dipimpin oleh Mark Baum ( Steve Carrel ), Jarred mencontohkan bahwa hipotek kelas AAA akan jatuh dan semua dana "tercover" oleh pemerintah, ketika krisis itu terjadi secara bertahap ( A Tranche ) Hipotek AA, BBB,BB, B lampat laun akan jatuh juga ,dengan perhitungan yang matang bersama para teman-temannya, Mark dapat menerima proposal Jarred dengan syarat tertentu. Mark secara tidak langsung menyelediki apakah benar prediksi Burry terhadap property,dan memang ada beberapa kendala yang dihadapi oleh kreditur, namun tidak seperti yang dibayangkan . 
 
 
 
 
Di lain tempat para perusahaan kecil  Browfield Funds ,Jamie Shipley ( Finn Witcrock ) &  Charlie Gellar ( John Magaro  ) ikut andil juga bersama salah satu ahli Wall Street, Ben Rickett ( Brad Pitt ), dengan dukungan tersebut mereka berusaha melihat kesempatan menjadi kaya raya atas jatuhnya pasar property.Saat mereka berada disebuah perusahaan besar menemukan hal yang serupa suatu saat pasar property seperti Giant Bubble, tingkat kredit macet membesar .  Semua ambisi mendapatkan keuntungan dari para kreditur rumah yang tidak bisa membayar hipotek tak peduli para pemilik rumah punya uang banyak, tidak bekerja .
 
 
 
The Big Short menawarkan serangkain cerita yang cukup rumit dibagian awal , namun penjelasan secara detil di tengah-tengah cerita membuat film cukup melelahkan , penonton diharapkan sabar jangan sampai keluar sebelum film ini berakhir. Seperti film pendahulunya A Wolf Wall Street, kisah para bankir terfokus satu masalah saja, yaitu pialang sahama  kalo The Big Short lebih kompleks lagi permasalahan yang dihadapi menyangkut banyak orang. Pemilihan para karakter sangat tepat begitu banyak aktor-aktor hebat ikut andil dalam The Big Short,dengan durasi yang cukup panjang 2 jam lebih .

Andalah yang menentukan film ini layak masuk Best Picture Oscar 2016 ? atau hanya masuk nominasi saja 
The Big Short tayang serentak tanggal 13 January 2016 di seluruh bioskop Indonesia 
 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Review : WONDER PARK 2019

WONDER PARK Directed : Josh Applebaum Production : Nickelodeon Movies, Paramount Pictures Runtime : 85 Minutes  Daya kreasi anak kecil memang luar biasa, mereka bisa menciptakan sesuatu yang mustahil dan bisa diwujudkan secara nyata, nah daya imajinasi inilah yang dijual oleh Josh Applebaum selama ini dikenal sebagai penulis dan produser film live action dan film action, film WONDER PARK ini merupakan debut pertamanya dalam film animasi sebagai sutradara,dan sekaligus penulis cerita. Menggandeng Nickelodeon Movies karena segmentasinya pada anak-anak berumur 5 - 10 tahun. Berkisah tentang anak gadis berumur 10 tahun bernama Cameron June (Brianna Denski) mempunyai imajninasi fantastis sebuah wahana yang berisi talking animal sebagai pemeran utama wahana tersebut, ibunya selalu mendongeng kisah wahana tersebut sebelum tidur namun berjalannya waktu mamanya diagnosis penyakit kronis, June merasa kehilangan semangat hidup, seolah-olah imajinasinya hilang ketika mamanya harus menjalani karatin…

PRESS RELEASE : First KOL ( Key Opinion Leader ) Gathering WeTV Indonesia

Review : Midnight University ( Thai Horor Comedy )

Pangsa film Thailand di Indonesia memang tak sebanyak film Hollywood namun kehadiranya selalu dinantikan para pengemar film dari Negeri Gajah Putih ini, Mereka berani mengemas cerita yang simpel menjadi sebuat tontonan yang sangat bisa dinikmati. Bahkan menempatkan artis yang kurang terkenal di negara atau masuk kelas bawah. Penampilan merekapun tak mau kalah dengan artis senior lainnya yang sudah terkenal baik di Thailand maupun diluar negeri.
Berbicara mengenai kehidupan di masa sekolah, sepertinya tak habis-habisnya dibahas. Tak jarang kisahnya itu pernah kita alami, maka tak heran sutradara Kritsada Kaniwichapon & Kanin Koonsumitawong , Piyabutr Atisook . Mengangkat sebuah tema kisah anak abege yang tersohor namun dalam mata pelajaran sangat jelek .
Star ( Rasri Balenciaga ) , gadis yang paling tersohor dikelasnya, selalu menjadi sorotan para laki-laki, tak heran grup Star Angel dinantikan kemunculan saat berada di sekolah. Tapi dibalik semua kecantikan dan terkenal.Mereka mer…