Skip to main content

REVIEW GREENLAND (2020) – DISASTER MOVIE YANG EMOSIONAL DAN MENEGANGKAN

GREENLAND 2020

Directed : RIC ROMAN WAUGH

Production : STX Films, Thunder Road Films

Runtime : 1 Hour 59 Minutes

Kerjasama antara Gerard Butler dengan sutradara Ric Roman Waugh paska film Angel Has Fallen berlanjut lewat film bergenre disaster berjudul Greenland. Film yang juga dibintangi oleh Morena Baccarin dan Scott Glenn serta penampilan aktor cilik berbakat Roger Dale Floyd.

Event press screening untuk awak media, blogger dan pemerhati film yang dilangsungkan pada 6 Maret 2021 lalu di Kota Kasablanka XXI berlangsung seru dengan kehadiran komunitas Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) yang membahas seputar astrnomi dan juga memberikan sedikit informasi tentang apa yang akan terjadi jika peristiwa asteroid jatuh seperti dalam film terjadi di kehidupan nyata. Penasaran dengan apa yang terjadi dalam film Greenland? Saksikan filmnya yang akan ditayangkan di bioskop Indonesia mulai tanggal 10 Maret 2021.

Bumi tengah mempersiapkan diri untuk kedatangan komet yang dinamakan Clarke yang akan melintasi angkasa dalam waktu dekat, tidak terkecuali keluarga John Garrity (Gerard Butler) beserta Allison (Morena Baccarin) istrinya dan Nathan (Roger Dale Floyd) anaknya yang mengadakan pesta barbekyu dengan tetangga-tetangganya. Namun kejadian tak terduga muncul saat serpihan-serpihan asteroid Clarke malah menabrak dan meluluhlantakkan bumi. Keluarga Garrity yang terpilih jadi keluarga yang mendapatkan undangan untuk masuk ke bunker terpaksa berjuang sekuat tenaga mencapai bunker tersebut melalui berbagai kesulitan di tengah kekacauan yang terjadi di bumi.

Hollywood sudah banyak makan asam garam dalam memproduksi film-film bertemakan bencana. Dari Towering Inferno, Poseidon Adventure, Titanic, Armageddon, sampai 2012, rata-rata film bencana menjadikan efek visual sebagai jualan utamanya. Tetapi ada sebuah formula lain yang diam-diam selalu ada dan menjadi bagian penting dalam film-film bencana yang sukses, yaitu karakterisasi. Greenland bisa dibilang sukses memberikan karakterisasi plus chemistry yang apik pada tiga karakter utamanya.

Tidak melulu menunjukkan efek visual yang dahsyat dalam menggambarkan teror asteroid yang berjatuhan mengancam nyawa ketiga karakter utama, film produksi STX Films ini menyisipkan berbagai adegan menegangkan antar manusia yang tidak kalah menakutkannya dari ancaman asteroid. Didukung dengan karakter Nathan, si anak yang menderita penyakit yang wajib diperhatikan secara intensif serta hubungan renggang antara suami istri Garrity yang menjadikan bencana ini sebagai ujian lanjutan pada hubungan pernikahan mereka membuat Greenland lebih kaya dalam plot cerita walaupun beresiko mengecoh penonton yang mengharapkan adegan bencana dengan efek visual yang wah.

Sutradara Ric Roman Waugh (Angel Has Fallen, Felon) dengan cerdik meminimalisasi pemakaian efek visual dan bujet dengan menjadikan bencana sebagai latar belakang dari apa yang dilalui keluarga Garrity. Chris Sparling sang penulis naskah yang pernah menulis film Buried, yang tidak kalah tegangnya, nampaknya juga bertanggung jawab penuh pada tensi tinggi film berdurasi 119 menit ini. Dari sisi akting, tiga ujung tombak pemeran utama film semuanya bermain apik dan maksimal mendukung cerita yang membuat mereka mengeluarkan energi dan emosi tinggi. Kredit lebih patut disematkan pada si pemeran anak Roger Dale Floyd (Doctor Sleep) yang mampu memberikan penampilan menawan sekaligus mengimbangi dua bintang ternama dalam sosok Gerard Butler (300, Geostorm) dan Morena Baccarin (Deadpool, Serenity). Meski tidak asing dalam film bertema bencana setelah sebelumnya bermain dalam film Geostorm, Butler menunjukkan range akting lebih luas saat memerankan karakter seorang ayah dan suami yang berjuang penuh untuk menyatukan keluarganya.

Greenland memang masih menggunakan beberapa formula klasik film-film bencana pada umumnya, namun keputusannya untuk menaruh genre thriller yang mengeksplorasi perjuangan keluarga Garrity untuk selamat menjadikannya lebih segar. Apalagi didukung dengan chemistry tiga karakter utama ayah, ibu dan anak yang mampu membuat penonton bersimpati. Greenland sangat direkomendasikan untuk ditonton di bioskop dengan keunggulan di tata gambar dan tata suara menggelegar yang akan menjadikan pengalaman menonton lebih maksimal. Mulai tayang tanggal 10 Maret 2021, terlambat rilis dikarenkan pandemic Corona masih berlangsung, jangan lupa ikuti pertokol kesehatan selama menonton film ya.

Overall : 7.5/10




Comments

Popular posts from this blog

Press Release : WESTWORLD Season 2 tayang segera

JAKARTA, 9 Maret 2018 – Drama serial peraih Emmy ® WESTWORLD kembali dengan sepuluh episode di season kedua bersamaan dengan A.S. pada Senin, 23 April jam 8.00 WIB eksklusif di HBO dengan penayangan ulang primetime jam 21.00 WIB di HBO. Tonton episodenya di HBO On Demand. Tonton sepuluh episode dari season pertama serial WESTWORLD yang mendapat pengakuan dari para kritikus, kapanpun di HBO On Demand. Season pertama juga akan tayang setiap Sabtu malam HBO mulai 24 Maret sampai 21 April. Tayang perdana di HBO pada 2016 dan menjadi serial anyar HBO yang paling banyak ditonton, WESTWORLD merupakan perjalanan kelam tentang sebuah awal dari kesadaran buatan dan evolusi dari kejahatan. Pemain dari season pertama antara lain Anthony Hopkins, Evan Rachel Wood, Thandie Newton, Ed Harris, Jeffrey Wright, James Marsden, Tessa Thompson, Sidse Babett Knudsen, Jimmi Simpson, Rodrigo Santoro, Shannon Woodward, Ingrid Bolsø Berdal, Ben Barnes, Simon Quarterman, Angela Sarafy

Press Release Launching Poster PERBURUAN

Press Release Lauching Poster PERBURUAN Jakarta tanggal 27 Juni 2019  - RBOJ Coffee  Sebuah film satu lagi diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer segera tayang bertepatan dengan film Bumi Manusia merupakan karya beliau juga, pihak Falcon Pictures sangat antusias ke-2 film ini dapat terlaksana dengan baik saat pengerjaannya hingga kita akan menantikan jadwal edar di bulan Agustus 2019. Dengan tema nasionalisme diharapkan penonton setia film Indonesia makin mencintai negeri ini, menghargai karya anak bangsa dan mendukung setiap perjalanan perfilmaan di tanah air tercinta. Bertepatan salah satu kedai kopi di Jakarta Selatan. Official Poster film PERBURUAN di lauching bersama para pemain seperti Adipati Dolkien (Hardo) , Ayushinta  (Ningsih) , Michael Kho (Prajurit Jepang Shidokan) , Khiva Iskak (Karmin) dan Ernest Samudra (Dipo) sutradara hadir Richard Oh juga Produser Falcon  Pictures Frederica, tak ketinggalan cucu dari Prmaoedya Ananta Toer juga hadir - Angga. Sung

REVIEW : FILM SUSUK : KUTUKAN KECANTIKAN

SUSUK : KUTUKAN  KECANTIKAN Produksi: Legacy Pictures,Visinema Pictures, Goodwork Duration: 102 minutes Dengan tema yang sudah lumrah di kalangan masyarakat khususnya wanita pemakain susuk menjadi bagian bagi mereka yang kurang percaya diri (Insecure) untuk tampil lebih lagi tak sekedar kecantikan belaka. Berawal seorang wanita muda bernama Laras (Hana Malasan) pekerja seks komersial mengalami kecelakan disebuah gedung, kasus tersebut membawa sosok politikus ternama. Sebenarnya Laras ingin keluar tapi kebutuhan dirinya tidak mencukupi, adiknya berprofesi sebagai mua pengantin , Ayu (Ersya Aurela) mencoba menolong lewat jalan pintas orang pintar karena pihak rumah sakit tidak mampu melepas benda asing dalam tubuh Laras, ditemani oleh Arman (Jourdy Pranata) , Ayu pun mencari berbagai cara untuk menyembuhkan Laras dengan pulang ke desanya, Dengan mendatangi Damar (Whani Dharmawan) seorang kepala desa yang membantu Laras dan Ayu setelah orang tua mereka meninggal, Ustad Rahmat (M.N. Qom